Social Icons

Jumat, 11 September 2020

Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Super Partner Go-food di Gojek

Bagi kamu pengguna aktif aplikasi Go-Jek tentu tidak asing lagi dengan layanan pesan antar makanan Go-food.Layanan yang satu ini memang memberikan banyak kemudahan kepada pengguna,tinggal klik dan pesan maka berbagai menu makanan siap diantar ke depan rumah.

Namun bagi sebagian pengguna sedikit banyak akan tahu kendala dalam proses penyelesaian pesanan yang kita buat,bisa kendala lamanya waktu penyelesaian pesanan maupun masalah ketepatan pesanan, dan tentu tidak hanya itu masalah yang ada,ada masalah lain yang kalau diulas akan cukup banyak kendalanya.

Pada postingan kali ini saya akan coba membahas pemberlakuan SUPER PARTNER di restoran atau merchant go-food.

Jika kamu pernah pesan Go-food namun berubah pikiran dan ingin melakukan pembatalan tapi pilihan itu tidak dapat dilakukan di aplikasi.Nah itu berarti merchant yang bersangkutan adalah merchant Super PARTNER dari Go-food.

Pihak Go-Jek sendiri selalu penyedia layanan tentu punya pertimbangan tersendiri sebelum meluncurkan fitur tersebut,salah satunya mungkin faktor banyaknya order fiktif pada layanan yang mereka sediakan dan tentu sangat merugikan pihak aplikator,restoran dan driver Go-Jek tentunya dan Go-Jek mencoba mengatasinya dengan pemberlakuan Super PARTNER di sebagian besar merchant go-foodnya,supaya pelanggan tidak melakukan pembatalan seenaknya secara sepihak.

Namun fitur baru tersebut bukan berarti tanpa kendala dalam penerapannya di lapangan.

Kamu pernah pesan makanan pakai Go-food lalu kamu kirim pesan kepada driver di aplikasi tapi tidak ada respon?Tidak ada balasan,15 menit berlalu bukannya makanan yang datang tapi justru pesanan hanya berpindah tangan ke driver yang lain,dan harus proses dari awal lagi,chat lagi, lama lagi.Kesal? tentu,itulah salah satu kelemahan penerapan super partner,jika driver tidak menuju restoran dalam 15 menit maka secara otomatis akan berpindah ke driver yang lain.Itu kalau 1 driver bagaimana kalau lebih? Bisa kenyang duluan kita.

Pada saat kamu pesan makanan di Super Partner hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa pesanan tidak dapat dibatalkan baik itu oleh pelanggan,restoran maupun driver Go-Jek itu sendiri,pembatalan pesanan bisa dilakukan dengan menghubungi pihak Go-Jek bisa oleh pelanggan maupun driver.

Berikut saya sarikan kelebihan dan kekurangan penerapan Super Partner atau di kalangan driver dikenal dengan Go-Biz Super.

Kelebihan :

√ Proses penyiapan makanan oleh pihak resto akan lebih cepat dilakukan.

√ Bisa meminimalkan adanya pembatalan pesanan dari pelanggan.

√ Mengurangi tingkat resiko karena adanya order fiktif.


Kekurangan :

√ Proses penyelesaian pesanan justru akan lebih lama jika ada driver yang menolak menjalankan dan atau mengabaikan orderan.

√ Tidak bisa mengubah menu yang sudah kita pesan.

√ Jeda waktu pembatalan secara otomatis di pihak driver cukup lama yakni 15 menit,bagaimana kalau  2 atau 3 ganti driver?

Wassalam.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar