Social Icons

Senin, 05 Agustus 2013

Mudik,wajibkah?

Beberapa hari belakangan ini pemberitaan tentang mudik memang jadi trending topic di berbagai media,mulai dari media televisi, media cetak, media sosial dan lain-lain.
Ya,momen tahunan disaat menjelang hari raya Idul Fitri ini memang sangat fenomenal.Betapa tidak,ribuan orang bahkan jutaan kaum urban yang mungkin sepanjang tahun mengadu nasib di kota, di penghujung ramadhan disibukkan dengan tradisi yang selalu menjadi sorotan publik,mulai dari persiapan untuk mudik, belanja persiapan lebaran,dll.
Yang tidak kalah menarik adalah orang rela berjubel di jalan raya,pelabuhan,stasiun kereta,terminal dengan memanfaatkan berbagai moda transportasi yang ada di tanah air.
Mungkin bagi yang belum pernah ikut dalam tradisi tahunan ini,ada yang beranggapan bahwa tradisi ini konyol,
tapi ini mungkin loh ya..hee..
Karena memang banyak pemudik yang kurang memperhatikan faktor keselamatan di jalan,jangankan keselamatan orang lain,keselamatan diri sendiri pun sering terabaikan.
Namun di balik itu semua tentu ada alasan yang kuat kenapa orang mau melakukan itu semua dengan mengorbankan berbagai hal,biaya, tenaga dan fikiran tentunya.
Ya,salah satu faktornya adalah keinginan untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman,menyambut Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan lamanya berpuasa.
Bagaimana pun ini adalah budaya kita,budaya Indonesia.
Nah terus dari mana asal muasal istilah mudik ini?
Pertanyaan ini mungkin sering terdengar di telinga kita.Tidak ada yang tahu persis asal muasalnya,bahkan istilah katanya pun ada yang berbeda.Ada yang mengatakan kata mudik berasal dari bahasa jawa "Mulih Disik" yang berarti "Pulang dulu",namun ada juga yang mengatakan berasal dari kata " Udik " yang artinya "kampung".Jadi mudik ya pulang kampung.
Namun apapun itu asal katanya,yang jelas kita semua tahu bahwa momen tahunan ini seakan jadi kewajiban semua kaum urban yang mengadu nasib di luar kota atau daerah tempat kelahirannya.

Nah menurut teman-teman wajib ngga sih kita mudik?

Atau yang sedang mudik boleh dong berbagi ceritanya..

Makasih..

Selamat Mudik

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H

Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar