Social Icons

Sabtu, 25 Maret 2023

Kemudahan Mobile Banking dan Ancaman Keamanan Serius di Belakangnya

Beberapa waktu ke belakang ramai diberitakan berbagai media tentang kejadian peretasan M-Banking yang bisa menguras seluruh isi rekening korban.

Sebelum membahas tentang isu tersebut,ada baiknya kita pahami dulu apa itu mobile banking dan bagaimana cara kerjanya.

Mobile banking sendiri adalah layanan perbankan yang memungkinkan kita untuk melakukan berbagai transaksi perbankan seperti cek saldo,transfer antar rekening maupun antar bank dan beberapa layanan lainnya yang dapat kita akses dengan mudah melalui perangkat seluler yang kita punyai.

Dengan beberapa langkah mudah,kita sudah bisa memanfaatkan berbagai layanan tersebut cukup dengan registrasi di kantor Bank yang kita , biasanya bank akan meminta data e-mail dan nomor telp yang kita gunakan, selanjutnya kita download aplikasinya di perangkat seluler atau HP yang kita punya, sinkronisasi data dari mulai kode akses, nomor kartu ATM dan PIN tentunya.

Nah,kembali ke topik peretasan yang ramai diperbincangkan yaitu peretasan dengan modus menggunakan Malware yang digunakan oleh orang para penipu ini untuk mengelabui korbannya.

Cara kerjanya sendiri biasanya adalah pencuri atau penipu ini mengirimkan pesan baik itu melalui SMS maupun aplikasi pesan berbasis internet seperti WA ,telegram dan sejenisnya yang berisikan file APK di dalamnya.

Ada beberapa modus yang saya tahu yakni,modus dengan pura-pura menjadi kurir pengirim paket,ada yang berbentuk undangan pernikahan dan lainnya.
Namun kesamaannya adalah sama-sama menggunakan file APK yang telah ditanamkan Malware jahat yang bisa mengakses semua data pada aplikasi mobile banking yang kita punya,dan akhirnya dengan leluasa mengambil alih kuasa kita atas rekening bank yang kita punya,sangat mengerikan!!

Pentingnya Kewaspadaan

Lalu apa yang dapat kita perbuat untuk menghindari hal seperti ini?
Para pakar mengatakan "jangan klik link yang dikirim melalui pesan tersebut"
Nah yang jadi pertanyaan,Apakah begitu  mudah bagi kita untuk menghindari link tersebut,sedangkan dengan perangkat layar sentuh yang kita punya,tentu sangat potensial bagi kita untuk meng-klik link tersebut tanpa sengaja? 

Saya pribadi menyarankan untuk sebisa mungkin berhati-hati membuka pesan dari nomor yang tidak ada di dalam daftar kontak yang kita punya.Atau sadisnya saya langsung hapus sebelum membukanya.

Perlunya Perbaikan Sistem Keamanan Perbankan

Sebagai orang awam,saya kadang berpikir 
"Begitu mudahkah sistem keamanan mobile banking ini diretas?" hanya dengan kita mengunduh file APK yang sangat rentan bagi pengguna untuk meng-klik nya tanpa sengaja.

Semoga kedepannya akan ada sistem keamanan lebih dari pihak bank untuk menghindari penipuan maupun pencurian semacam ini.

Semoga makin bertambah wawasan masyarakat kita akan pentingnya pengetahuan menggunakan internet secara aman

Semoga bermanfaat!!
Salam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar